top of page

Bakti Nusantara Poso 2023

Peningkatan Pelayanan Kesehatan Warga Dusun Dongi-Dongi, Poso melalui program Bakti Nusantara yang  terdiri dari Bangun Nusantara, Sehat Nusantara dan Inspirasi Nusantara

Bakti Nusantara Poso 2023

Tahun 2023 menjadi awal baru tahun pemulihan setelah dua tahun sebelumnya dunia harus dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang turut berdampak pada berbagai lini kehidupan manusia. Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) pun terus berupaya untuk tetap hadir dan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat khususnya di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia. Pada tahun 2023 ini kami akan berfokus pada kegiatan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Dusun Dongi-Dongi, Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Lokasi Dusun Dongi-Dongi terletak di perbatasan Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi. Akses dari Pusat Kabupaten Poso menuju Dusun Dongi-Dongi memerlukan waktu 5-7 jam menggunakan kendaraan roda empat. Lamanya waktu tempuh dikarenakan hanya terdapat satu akses jalan darat yang menghubungkan Dusun Dongi-Dongi dengan pusat pemerintahannya. Pemukiman warga pun masih bersifat menyebar (mengikuti kontur jalan raya utama) karena kondisi geografis yang masih sangat terjal dan akses transportasi terbatas. Hal ini turut memengaruhi tingkat kesejahteraan dan terbatasnya akses masyarakat terhadap pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan.

 

Berbagai permasalahan kesehatan masyarakat setempat seperti rendahnya pengetahuan masyarakat akan tata cara pelaksanaan posyandu, kurangnya kesadaran kesehatan lingkungan, tingginya tingkat malaria, diikuti penyakit lain berupa schistosomiasis/demam keong, ISPA dan diare. Kondisi gizi buruk juga pernah ditemukan di daerah tersebut. Hal ini disebabkan penjaringan gizi pada balita hingga remaja yang kurang menyeluruh di daerah tersebut. Pelayanan kesehatan primer terdekat berada di Desa Wuasa yang berjarak kurang lebih 30 km, harus ditempuh dalam 45 menit hingga 1 jam. Hal ini tentunya menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi warga jika terdapat hal gawat darurat berkaitan dengan kondisi kesehatan. Selain penanganan medis kondisi kesehatan, Pustu yang dibangun diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana promosi kesehatan yang lebih efektif bagi warga di sekitarnya.

Yayasan Tunas Bakti Nusantara melalui pembangunan Puskesmas Pembantu Plus di Dusun Dongi-Dongi, Poso, berharap dapat berkontribusi aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang selama ini merasakan kendala mengakses fasilitas kesehatan. Sekitar 828 KK akan merasakan manfaat dari pembangunan Puskesmas Pembantu Plus ini. Berkerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat, YTBN berusaha terus mendorong berbagai program kesehatan masyarakat yang berkelanjutan. 

bottom of page